Selangkangan Gatal-Gatal, Waspada Tertular Infeksi Jamur Kulit!

selangkangan gatal

Infeksi jamur di selangkangan bukan hanya memalukan namun juga menjengkelkan, tetapi penting untuk mengenali gejalanya agar Anda bisa segera mendapatkan pengobatan yang tepat. Infeksi ini sering dimulai dengan ruam merah yang gatal dengan tepi terangkat di area selangkangan dan terkadang terasa nyeri.

Ruam kemudian menyebar dari selangkangan berbentuk bulan sabit ke bagian atas paha. Infeksi jamur yang menyebabkan gatal di selangkangan dan biasa disebut juga sebagai tinea cruris ini bisa menyebar ke paha bagian dalam dan alat kelamin (menyebabkan gatal pada penis, skrotum, labia atau lubang vagina) dan juga anus. Gejala lainnya adalah:

  • Adanya sensasi terbakar di sekitar area yang terinfeksi
  • Terjadi pengelupasan dan pengeringan kulit,
  • Mulai muncul bercak pada kulit berwarna merah atau coklat

Komplikasi infeksi jamur penis cukup jarang terjadi, namun bukan berarti tidak ada sama sekali. Tanda-tanda ini adalah gejala komplikasi:

  • Kesulitan menarik kulup,
  • Selulitis atau munculnya peradangan di bawah kulit,
  • Penyempitan uretra menyebabkan kesulitan buang air kecil,
  • Jika Anda menderita diabetes, Anda mungkin mengalami gejala yang lebih serius, termasuk penumpukan cairan di penis yang dapat pecah kapan saja.

Jika gejala gatal di selangkangan di atas menimpa Anda, sebaiknya segera cek ke dokter jika ruam tidak kunjung membaik setelah 7 hari pengobatan. Anda juga harus melakukan pertemuan kembali dengan dokter Anda jika infeksi jamur kembali dalam beberapa minggu setelah pengobatan antijamur.

Biasanya jamur selangkangan terjadi akibat penyebaran jamur dermatofita yang tumbuh subur dan mudah menular, terutama di daerah tropis yang panas dan lembab. Beberapa faktor yang menyebabkan penyebaran jamur ini adalah:

  1. Berbagi pakaian atau handuk basah dengan orang yang terjangkit jamur,
  2. Berada di sekitar dan kontak dengan orang yang terinfeksi jamur,
  3. Terlibat kontak dengan pakaian atau peralatan pribadi penderita jamur selangkangan yang belum dicuci dan disterilkan,
  4. Penderita pada awaln memiliki infeksi jamur dermatofit lain, seperti kutu air atau kadas dan kurap, yang mana telah menyebar ke area selangkangan.

Leave a Reply