Mau Belajar Masak? Kenali Dulu 3 Bumbu Dasar Ini!

Monday, May 13th, 2019 - Umum
Advertisement

Memasak pastinya akan jauh lebih mudah jika Anda memiliki bumbu dasar yang telah mencakup banyak bumbu dapur utama. Bahkan jika Anda tak bisa membuatnya, Anda bisa menemukan bumbu dasar siap racik atau siap masak yang terjual bebas di pasar. Penasaran apa saja jenis bumbu dasar yang biasanya ada di dapur atau kulkas orang yang rutin atau mahir memasak? Simak artikel ini baik-baik, ya.

Memasak adalah hal yang mudah jika Anda tahu bumbu-bumbu dasar yang mencakup bumbu utama. Pada dasarnya, enak atau tidaknya suatu masakan, itu terletak dari komposisi bumbu di masakan tersebut. Anda tinggal pilih, ingin meraciknya sendiri atau membeli yang sudah dalam bentuk kemasan. Nah, di bawah ini, akan kita bahas tentang tiga bumbu dasar dalam memasak yang paling banyak digunakan dalam bermacam masakan. Mulai dari masakan pedas ataupun hanya gurih.

bumbu merah

Apa saja ketiga bumbu itu?

1.Bumbu Merah
Disebut Bumbu Merah karena warnanya memang menjurus ke merah. Warna itu didapat dari salah satu komposisi bumbu di dalamnya, yaitu: cabai merah. Bumbu Merah ini dipakai untuk mengolah masakan-masakan pedas. Biasanya, Bumbu Merah akan berisi: ketumbar, merica, bawang merah, bawang putih, terasi, dan cabai merah yang telah dihaluskan kemudian ditumis.

Cita-rasa dari bumbu ini memang menonjol dan sudah ramai digunakan untuk melengkapi masakan Indonesia. Beberapa naskah yang menggunakan bumbu jenis ini adalah: nasi goreng, telur balado, jengkol balado, telur puyuh balado, dendeng balado, ayam balado, udang Pete balado, nasi bakar sambalado cumi, dan lain sebagainya.

2.Bumbu Kuning
Sama populernya dengan Bumbu Merah, Bumbu Kuning juga kerap kita jumpai di berbagai kacam olahan kuliner Indonesia. Yang paling sering dan pasti diketahui banyak orang adalah, soto dan ayam goreng. Kedua masakan itu selalu ditemani oleh bumbu kuning,.

Bumbu Kuning sendiri terdiri atas beberapa komposisi bumbu, yaitu: bawang putih, bawang merah, kunyit, kemiri, jahe, merica yang telah dihaluskan kemudian ditumis. Dinamakan Bumbu Kuning karena warna memang kuning mencolok dengan cita-rasa gurih dan asin yang khas. Warna kuning dari kunyit ini tampak alami, loh.

Beberapa masakan yang diolah memakai Bumbu Kuning adalah: ayam goreng lengkuas, pesmol ikan nila, soto kuning Bogor, soto Medan, soto Magetan.

bumbu

3.Bumbu Putih
Jika Anda menilai bumbu-bumbu di atas terlalu rumit, maka tidak dengan Bumbu Putih yang biasanya digunakan untuk bermacam jenis tumis-tumisan. Bumbu ini ialah yang paling mudah karena bahan-bahannya simpel dan mudah dijumpai. Bahan utama Bumbu Putih ialah: merica, ketumbar, kemiri, bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan kemudian ditumis di atas api sedang.

Karena bahannya simpel, rasanya yang dihasilkan pun hanya gurih dari bawang dan agak pedas dari merica. Bumbu ini digunakan untuk tumisan, semur dan juga oseng-oseng seperti: mie goreng Jawa, mie godog Jawa, rawon, semur telur-jengkol-tahu, pepes ayam-jamur, ayam serundeng, sayur lodeh, sayur bibir ayam, opor ayam.

Untuk menghemat waktu, Anda bisa menyimpan bumbu dasar seperti di atas di dapur Anda, sehingga tidak perlu repot untuk mengolah bumbu terlebih dahulu saat hendak memasak.

Advertisement
Mau Belajar Masak? Kenali Dulu 3 Bumbu Dasar Ini! | admin | 4.5