Yuk Kenali, Apa itu Chromebook

Chromebook saat ini seringkali disebut sebagai perangkat yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran. Lalu seperti apasih perangkat ini sebetulnya?  Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli Chromebook, seperti perangkat kerasnya yang terbatas dan kemampuannya secara keseluruhan.

apa itu chromebook

Apa itu Chromebook?

Chromebook adalah laptop yang menjalankan GoogleChrome OS. Perangkat ini tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk desain termasuk 2-in-1 yang dapat dikonversi menjadi tablet. Harganya sebagian besar dirancang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan perangkat Windows dan macOS.

Chrome OS pada dasarnya adalah browser Chrome yang didesain ulang untuk berfungsi sebagai sistem operasi. Ini mencakup fitur khusus OS seperti pengelola file, launcher aplikasi, taskbar, dan sebagainya. Selain itu juga ada layanan Google, seperti Gmail, YouTube, Maps, dan Documents, mirip dengan Android murni.

Secara default, Chrome OS sangat bergantung pada aplikasi berbasis web yang terbuka di luar browser daripada aplikasi yang kita unduh dan instal. Dengan demikia, kinerja perangkat menjadi lebih cepat walaupun berjalan pada spesifikasi yang minimum. Uniknya kita bisa juga mengunduh dan menginstall aplikasi Android dari Google Play Store.

Kita juga memiliki akses ke Linux. Meskipun masih dianggap sebagai fitur beta, kita dapat menginstal perangkat lunak desktop tradisional berbasis Linux seperti Steam dan GIMP. Namun untuk melakukannya kita membutuhkan lebih banyak penyimpanan lokal daripada saat menggunakan aplikasi berbasis web yang lebih ringan.

tampilan chromebook

Penyimpanan internal biasanya sangat terbatas dan hanya cukup untuk menangani sebagian besar tugas sederhana. Beberapa Chromebook hadir dengan penyimpanan internal yang jauh lebih luas, tetapi itu membutuhkan biaya tambahan. Sisi positifnya kita akan lebih mengoptimalkan kapasitasnya tersebut dan melakukan backup secara berkala.

Kinerja Chromebook

Spesifikasi Chromebook memang tidak sepowerfull jika dibandingkan dengan pesaingnya. Tetapi ini memang sesuai dengan tujuan penggunaanya bagi para pelajar. Chrome OS tidak pernah dimaksudkan untuk menjalankan aplikasi langsung tetapi lebih mengandalkan aplikasi berbasis web. Karena itulah, Chrome OS cukup ringan sehingga tidak memerlukan beban pemrosesan yang berat.

Chromebook biasanya menawarkan prosesor entry-level yang dirancang untuk lebih hemat energi dan harga. Memori RAM memiliki kapasitas 2GB atau 4GB, yang lebih dari cukup untuk menjalankan sebagian besar tugas Chrome OS. Saat ini, tidak ada Chromebook dengan chip grafis khusus, meskipun beberapa menawarkan grafis onboard yang lebih mumpuni daripada yang lain. Misalnya, Acer menjual konfigurasi Chromebook 315 dengan AMD APU yang mengemas grafis onboard Radeon, tetapi tujuannya tetap dirancang untuk mempercepat layanan web daripada untuk bermain game.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *