Tips Mengurangi Rambut Rontok Saat Keramas

Rambut rontok adalah salah satu hal yang bisa membuat kita menjadi khawatir. Melihat helai demi helai jatuh saat keramas atau menyisir benar-benar membuat kita bertanya-tanya, “kenapa rambut bisa rontok?” Ada banyak penyebabnya, bisa jadi faktor usia, genetik, stress, pengobatan yang dijalani, atau hanya karena perawatan rambut yang tidak tepat.

Jumlah Normal Rambut yang Rontok Saat Keramas

“Berapa banyak rambut rontok yang normal saat keramas?” Untuk diketahui ada lebih dari 250.000 helai rambut di kepala kita. Beberapa folikel rambut bahkan terbagi menjadi beberapa helai lagi seiring waktu. Rata-rata orang kehilangan hampir 100 helai rambut setiap hari. Namun, itu tergantung pada ketebalan dan panjang rambut seseorang. Para ahli mengatakan bahwa orang dengan rambut tipis akan rontok lebih sedikit jika dibandingkan dengan orang dengan rambut lebih tebal.

rambut rontok
pixabay

Memilih Shampo yang Tepat

Rambut rontok bisa dicegah atau diminalisir dengan perawatan yang tepat. Untuk itu kita harus senantiasa merawat kesehatannya, dengan cara keramas secara teratur. Cara keramas yang benar adalah dengan memijat sampo ke kulit kepala dengan lembut tanpa memberikan terlalu banyak tekanan. Jangan gunakan kuku tetapi gunakanlah ujung jari saat memijatnya.

Shampo untuk rambut rontok yang tepat tentu harus mempertimbangkan jenis rambut yang dimiliki. Misalnya, apakah jenis rambut kita berminyak, kering, rusak, atau normal. Hal ini sangat penting karena pemilihan yang tidak tepat justru bisa memperparah kerontokan. Jangan memilih shampo dan kondisioner yang memiliki kandungan kimia yang keras.

Salah satu produk yang bagus untuk mengatasi rambut rontok adalah Dove Serum Sampo Hairfall Treatment. Produk ini terdiri dari serum sampo, serum kondisioner, dan tonik rambut yang bisa kita gunakan untuk perawatan mencegah kerontokan. Produk ini sangat efektif mengatasi kerontokan karena patah, kandungan nutriserumnya memperkuat rambut dari akar dan menjadikannya kuat. Selain itu rambut juga tidak mudah lepek dan wanginya segar seharian.

Tips Mengurangi Rambut Rontok Saat Keramas

shampo untuk rambut rontok
unsplash

Banyak orang mungkin tidak mengetahui cara keramas yang baik, untuk itu berikut adalah tips mengatasi masalah rambut rontok di rumah saat keramas secara efektif.

  • Hindari membilas rambut secara berlebihan saat keramas
    Rambut menjadi sangat rapuh saat basah. Untuk itu jangan membilasnya kuat-kuat ataupun menyisir rambut basah saat keramas karena hal ini dapat merusak rambut.
  • Jangan Pernah Melewatkan Kondisioner
    Beberapa dari kita mungkin berpikir bahwa menggunakan kondisioner tidak selalu diperlukan. Namun, justru sebaliknya. Tanpa kondisioner, rambut kita menjadi kusut, kering, dan mudah rontok. Untuk mengatasi itu semua, Kita membutuhkan kondisioner yang baik, yang dapat membuat rambut lebih kuat, mengurangi kerusakan, dan yang paling penting, mengurangi rambut rontok saat keramas.
  • Jangan Gunakan Air Panas untuk Mencuci Rambut
    Menghabiskan waktu mandi air panas memang terasa sangat menyenangkan, tetapi tahukah kamu bahwa itu dapat memiliki efek buruk pada rambut. Air panas dapat menghilangkan minyak kulit kepala dan membuka pori-pori, membuat rambut rapuh sehingga lebih mudah untuk rontok.
  • Gunakan Kondisioner Sebelum Sampo
    Sebagian besar dari kita menggunakan kondisioner setelah keramas, bukan? Ini tidak ada salahnya, tetapi disarankan untuk menggunakan kondisioner saat keramas sebelum melanjutkan dengan sampo. Kondisioner akan membantu mengurai rambut dengan mudah dan memberikan perlindungan lebih.

Nah itulah beberapa tips untuk mengatasi rambut rontok yang mungkin bisa kamu coba. Dengan perawatan yang tepat kita bisa mendapatkan kembali rambut yang lebat dan kuat. So jangan lupa untuk merawatnya secara teratur ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.