Jenis-jenis Startup yang Ada di Indonesia Serta Peluangnya

Indonesia adalah pasar menarik bagi bisnis startup di Asia Tenggara. Alasan utamanya adalah karena luasnya wilayah, besarnya populasi, peluang pertumbuhan, ekosistem startup yang dinamis dan internet yang tumbuh dengan cepat. Selain itu, menurut IMF dan Bank Dunia, Indonesia diproyeksikan akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-5 Dunia pada tahun 2024.

startup

Ekosistem startup teknologi Indonesia mulai booming seiring dengan hadirnya startup-startup sukses seperti Tokopedia, Traveloka, dan Gojek. Banyak hal yang telah berubah sejak saat itu, kita menjadi lebih sering melihat startup teknologi berubah menjadi perusahaan bernilai miliaran dolar dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Jenis startup yang ada di indonesia cukup beragam, dan mereka punya spesialisasinya masing-masing dan menawarkan beragam produk sebagai solusi dari masalah yang kita hadapi sehari-hari. Mereka bergerak dibidang e-commerce, logistik, transportasi, travel, akomodasi, kesehatan, hingga edukasi.

  • Di sektor E-comerce, Indonesia memiliki beberapa startup yang diantaranya telah naik kelas menjadi Unicorn seperti Tokopedia, Bukalapak. Selain itu juga ada Blibli.com dan Bhineka.com dan banyak yang lainnya. Sebagai negara dengan jumlah populasi terbanyak di ASEAN Indonesia memiliki pangsa pasar yang sangat besar di sektor e-comerce.
  • Transportasi dan ride hailing ada startup unicorn karya anak bangsa, GOJEK.
  • Perjalanan dan akomodasi ada Traveloka, Tiket dan mamikost. Gaya traveling milenial yang tech savy membuat sektor ini bisa terus berkembang.
  • Sektor kesehatan semakin menemukan momentumnya setelah pandemi melanda. Layanan telemedicine dianjurkan demi membatasi kegiatan diluar rumah. Startup seperti Halodoc, Alodokter, dan klikdokter siap memberikan layanan kesehatan secara online.
  • Begitupun sektor edukasi yang saat ini berubah menjadi online, membuat startup seperti Ruang Guru dan Zenius menjadi pilihan.
  • Sektor pertanian dan agrikultur juga kini mulai beralih ke ranah digital. Ada startup tanihub, efisherry, sayurbox dan banyak lagi.
  • Fintech adalah salah satu sektor yang akan terus bersinar seiring dengan gaya hidup digital yang semakin populer. Akulaku, OVO, Dana, LinkAja.
  • Sektor Logistik juga memiliki masa depan yang cukup cerah. Dimana sektor ini akan terus berkembang di masa depan seiring dengan gaya hidup digital yang semakin digemari.

Peluang Startup Indonesia

Peluang bagi startup terus terbuka lebar, sejalan dengan dukungan pemerintah agar lebih banyak startup naik kelas menjadi unicorn. Walaupun pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang cukup berat bagi dunia usaha, tetapi disisi lain hal ini menciptakan dorongan kuat terhadap ekonomi digital. Pembatasan kegiatan diluar rumah mempercepat kebutuhan untuk mengadopsi digitalisasi dalam beberapa sektor.

Dengan inovasi yang lebih cepat dari sebelumnya, dikombinasikan dengan infrastruktur yang lebih baik dan kelas menengah yang terus tumbuh. Maka potensi startup masih sangat menjanjikan di Tanah Air ini. Apa yang diperlukan untuk mewujudkan potensi Indonesia sebagai tempat para unicorn? Singkatnya, ini memerlukan perubahan pola dalam ekosistem startup Indonesia. Alih-alih mengedepankan pertumbuhan yang cepat, sebaiknya startup, harus fokus pada keberlanjutan jangka panjang dan bukan hanya sebatas one hit wonder.

Saat ini layanan startup masih terkonsentrasi di wilayah Jabodetabek, sehingga masih ada sebagian besar wilayah Indonesia yang belum tersentuh. Padahal kota-kota didaerah seperti Sumatra, Sulawesi dan Kalimantan memiliki pertumbuhan signifikan secara ekonomi dengan munculnya kelas menengah yang memiliki daya beli tinggi. Sektor-sektor seperti e-commerce, dan pembayaran elektronik memiliki potensi besar yang bisa dimanfaatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *