Lebih Baik Asuransi TLO atau All Risk ?

Monday, May 6th, 2019 - Umum
Advertisement

Asuransi kendaraan merupakan hal yang penting agar kita merasa aman dan terlindungi. Asuransi itu bagaikan backup saat terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan terhadap kendaraan kita. Jika dianalogikan mungkin akan seperti istilah “sedia payung sebelum hujan“. Ketika cuaca cerah mungkin kita merasa tidak memerlukan payung, tetapi ketika hujan turun dengan tiba-tiba kita sudah bersiap dan tidak akan merasa kebingungan. asuransi tlo

Seperti itu jugalah fungsi Asuransi yang akan sangat diperlukan jika terjadi sesuatu kejadian fatal terhadap kendaraan. Sebuah tindakan preventif untuk mengantisipasi kerugian tidak terduga yang lebih besar, untuk itu tidak ada ruginya jika kemudian kita melakukan investasi dalam hal asuransi kendaraan. Asuransi memiliki peran sebagai pihak yang siap menanggung risiko yang terjadi, dan mengambil alih kerugian besar yang sulit untuk ditanggung sendiri itu hingga kita kemudian merasa aman dan terlindungi.

Asuransi kendaraan dikenal memiliki dua jenis, yakni Total Loss Only dan All risk atau Comprehensive. Kedua jenis asuransi ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, lalu lebih baik memilih yang mana ?.

Asuransi TLO adalah jenis asuransi kendaraan yang akan menjamin bentuk kerugian jika kendaraan mengalami kerusakan atau kerugian lebih dari 75%. Kerugian 75% ini bisa berarti bahwa mobil mengalami kerusakan parah oleh karena kecelakaan lalu lintas, disebabkan karena kejadian bencana alam ataupun hilang dicuri karena adanya tindak kejahatan.

Auransi TLO vs Allrisk

Sementara All risk atau Comprehensive adalah jenis asuransi kendaraan yang akan mengcover semua kerugian, baik itu kerusakan besar maupun kerusakan kecil seperti baret atau lecet sekalipun. Dengan asuransi ini kita merasa lebih terlindungi dari hal-hal yang terkadang bisa terjadi di jalanan. Insiden kecil yang membuat body lecet bisa dengan mudah kita klaimkan asuransinya sehingga mobil bisa selalu dalam kondisi terbaiknya.

Jika harus memilih antara Asuransi TLO dan Asuransi All risk tentu kembali lagi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika cukup yakin kita dapat berkendara dengan aman dan tidak masalah dengan kerusakan kecil, sebaiknya pilihlah Asuransi TLO saja. Hal yang perlu di ingat juga adalah, dengan luasnya pertanggungan Asuransi All Risk membuat pembayaran premi setiap masanya bisa lebih besar daripada asuransi TLO. Perhitungkan kemampuan membayar premi dengan lancar sehingga mendapat benefit penuh dari auransi yang kita ikuti.

Advertisement
Lebih Baik Asuransi TLO atau All Risk ? | admin | 4.5